Per 1 Juli BBM Dipastikan Tak Naik

Print PDF
indoPetroNews.com - Pemerintah menegaskan per 1 Juli 2015, harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis solar, BBM penugasanan atau premium dan elpiji 3 kilogram (subsidi) tidak akan mengalami kenaikan. Meski sebenarnya, kenaikan harga dua jenis BBM tersebut dan harga elpiji 3 kg dipengaruhi harga minyak dunia dan kurs rupiah.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said, mengatakan menjelang Lebaran 2015, stok solar, premium dan elpiji 3 kg dalam kondisi aman. Pemerintah pun memastikan tidak akan ada kenaikan harga, walau kurs rupiah saat ini berada di angka Rp13 ribuan per dollar AS.

"Semua stabil, baik BBM dan elpiji subsidi, tidak akan adaa kenaikan harga menjelang Lebaran ini," ujar Sudirman, di Jakarta, kemarin.

Sudirman menambahkan, untuk harga BBM non-subsidi, pemerintah sudah menyerahkan sepenuhnyaa kepada PT Pertamina (Persero). Revisi harga BBM non-subsidi biasanya dilakukan setiap dua minggu, yakni tanggal 1 dan 15.

Sebagaimana diketahui, pemerintah juga sudah menetapkan bahwa revisi harga BBM subsidi dan BBM penugasan dilakukan per tiga bulan, ini dilakukan agar revisi tidak terlalu cepat, sehingga berdampak pada masyarakat.

Diakui Sudirman, tahun ini merupakan tahun pertama pencabutan subsidi untuk premium, jadi wajar jika masih banyak permasalahan. Pemerintah berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan.(ehs)